Latest Games :

Advertise

Home » » alat music campur sari

alat music campur sari

Selasa, 21 Mei 2013 | 1komentar



Campursari Laras Muda

rabu,22 tahun 2013
Alat musyik campursari

Berikut ini macam-macam alat musyik campursari
1.       Kendang ciblon
2.      Kendang jaipong
3.      Demung
4.     Saron
5.      Gong gede
6.     Gender
7.      Gitar cak
8.      Gitar bass
9.     Gitar melody
10.  Keyboard
11.    ketipung
12.   drum
   nah .. . untuk lebih jelasnya saya akan jelaskan fungsi dan kegunaan alat-alat tersebut didalam sebuah musyik campursari
1.        kendang ciblon

Kendang ciblon adalah instrumen dalam campursari yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu.Kendang kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan profesional, yang sudah lama menyelami budaya Jawa. Kendang kebanyakan di mainkan sesuai naluri pengendang, sehingga bila dimainkan oleh satu orang dengan orang lain maka akan berbeda nuansanya
Pada musyik campursari kendang ini digunakan untuk mengiringi langgam & ladrangan .
2.      kendang jaipong

 Pengertian kendang jaipong ini sama halnya dengan kendang ciblon ,namun berbeda jenis lagu yang akan diiringinya .
Dalam sebuah musyik campursari biasanya kendang jaipong ini untuk mengiringi lagu-lagu campursari yang agak cepat sedikit temponya dibandingkan dengan kendang ciblon, misalnya lagu bajing loncat ,walang kekek dll.
Namun dalam perkembangannya saat ini kendang jaipong ini sangat identik dengan lagu-lagu yang berasal dari jawa tengah
Terutama daerah sragen yang terkenal dengan lagu-lagunya yang diberi nama “SRAGENAN” contoh judul lagu-lagu sragenan ; janjiku , ojo ngalamun , imbangono katresnanku ,jangan koro dan masih banyak lagi .

3.      Demung


Dalam satu set gamelan biasanya terdapat 2 demung, keduanya memiliki versi pelog dan slendro. Namun dalam sebuah campursari kebanyak hanya menggunakan 1 saja ,tetapi masih ditambahi dengan sorok ,.fungsinya jika untuk memainkan gending pelog/slendro tinggal mengganti beberapa wilahan saja .Demung menghasilkan nada dengan oktaf terendah dalam keluarga balungan, dengan ukuran fisik yang lebih besar. Demung memiliki wilahan yang relatif lebih tipis namun lebih lebar daripada wilahan saron, sehingga nada yang dihasilkannya lebih rendah. Tabuh demung biasanya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu, lebih besar dan lebih berat daripada tabuh saron.
Cara menabuhnya ada yang biasa sesuai nada, nada yang imbal, menghasilkan jalinan nada yang bervariasi namun mengikuti pola tertentu. Cepat lambatnya dan keras lemahnya penabuhan tergantung pada komando dari kendang dan jenis gendhingnya. Pada gendhing Gangsaran yang menggambarkan kondisi peperangan misalnya, demung ditabuh dengan keras dan cepat. Pada gendhing Gati yang bernuansa militer, demung ditabuh lambat namun keras. Ketika mengiringi lagu ditabuh pelan. Ketika sedang dalam kondisi imbal, maka ditabuh cepat dan keras.
Dalam memainkan demung, tangan kanan memukul wilahan / lembaran logam dengan tabuh, lalu tangan kiri memencet wilahan yang dipukul sebelumnya untuk menghilangkan dengungan yang tersisa dari pemukulan nada sebelumnya. Teknik ini disebut memathet (kata dasar: pathet = pencet)
4 .Saron


Saron (atau disebut juga ricik) adalah salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga balungan.
Dalam sebuah campursari biasanya terdapat 2 buah saron dan memiliki sorok yang fungsinya untuk memainkan gending / langgam bernada pelog atau  slendro. Saron menghasilkan nada satu oktaf lebih tinggi daripada demung, dengan ukuran fisik yang lebih kecil. Tabuh saron biasanya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu.
Cara memainkan saron sama halnya dengan cara memainkan depok/demung .
5.      Gong gede


gong berperan menutup sebuah irama musik yang panjang dan memberi keseimbangan setelah sebelumnya musik dihiasi oleh irama gending.
Dalam sebuah campursari biasanya hanya terdapat 1 buah gong besar saja  . cara memainkannya dipukul dengan menggunakan sebuah tabuh yang terbuat dari kayu dan diselimuti sebuah kain pada ujung kayu tersebut.

6.     Gender


Gender merupakan salah satu kelompok alat music idiophone,yaitu alat music yang sumber suaranya adalah badan dari alat music itu sendiri(bilah logam).adapun cara membunyikan ricikan gender adalah dengan dipukul pada bagian tengah permukaan bilah bilahnya menggunakan dua tabuh yang dipegang dengan tangan kanan dan tangan kiri.

7.      Gitar cak

Cak adalah jenis gitar berdawai 3 (nilon), urutan nadanya adalah G, B dan E; dalam sebuah campursari biasanya berfungsi untuk membuat lagu jenis langgam agar semakin penuh suaranya .
8.      Gitar bass


Bass adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (gitar listrik memiliki enam senar).
Fungsinya dalam campursari sangat dibutuhkan untuk menggantikan posisi gong yang biasanya digunakan untuk memainkan gending atau ladrang didalam sebuah gamelan.
Namun dalam campursari gitar bass ini selalu dimainkan dalam segela jenis lagu dari ladrangan , langgam ,keroncong ,sragenan dan dangdut.


9.     Gitar melody


Gitar  melody  adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan jari-jemari tangan atau sebuah plektrum (alat petik gitar). Bunyinya dihasilkan dari senar-senar yang bergetar.
Dalam sebuah campursari ,alat musyik ini hanya dimainkan
 pada lagu dangdut saja.

10.  Keyboard


 Keyboard berbeda dengan Grand Piano. Keyboard terlihat lebih kecil dan lebih ringan, sehingga sangat mudah untuk dipindahkan atau dibawa. Suara yang dihasilkanpun agak berbeda dibandingkan dengan grand piano.Alat musik Keyboard mendapatkan suaranya dari manipulasi kunci-kunci. Susunan Keyboard arahnya mengikuti logika, dari kiri nada-nada rendah, ke kanan nada-nada tinggi. Susunan kiri-kanan bass ke treble juga berlaku demikian.
Dalam sebuah campursari keybord inilah yang sangat dominan dan paling dibutuhkan , keyboard ini sama halnya dengan gitar bass .selalu dimainkan dalam segala jenis lagu yang ada dicampursari .
11.    Ketipung dangdut


Ketipung dangdut adalah alat musyik yang terbuat dari kayu ,bisa juga dari pipa paralon ..namun alangkah enak dan pantasnya pasti dengan kayu . biasanya kayu yang digunakan adalah kayu nangka  .. ketipung terdapat 2 sisi berbentuk tabung yang satu kecil ukurannya ,dan yang kedua lebih besar . biasanya orang-orang menyebutnya dengan dut dan tak karena suaranya berbunyi dut untuk yang besar dan tak untuk yang kecil .
Cara memainkannya adalah dipukul dengan tangan ,namun untuk memainkan pada bagian dut harus menggunakan jari .jadi untuk memainkan alat musyik jenis ini harus mempunyai ketrampilan yang khusus ,karena yang dipakai adalah kekeuatan tenaga jari .. angel banget lho nek gak iso , jadi ojo nyepelekne tukang ketipung cak .. ..
Pada perkembangan campursari alat musyik ini mulai ditambahkan digunakan untuk mengiringi  lagu-lagu dangdut. Bisa dangdut campursari ,koplo SRAGENAN , pop yang didangdutin maupun lagu dangdut yang bener-bener dangdut .


12.   Drum


Drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, Bodhrán, Ashiko, snare drum, bass drum, tom-tom, beduk, dan lain-lain.
Pada sebuah campursari sebenarnya drum ini hanya berfungsi sebagai pelengkap saja . namun dalam perkembangannya alat ini selalu dimainkan dalam semua lagu-lagu campursari ,dari langgam ,sragenan ,sampaai dangdutan .
Yang sering dipukul biasanya pada bagian hi-hatnya saja … .. .


Diposkan oleh Campursari Laras Muda di 02.15
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook

Tidak ada komentar:
Poskan Komentar

Posting Lama Beranda
Langganan: Poskan Komentar (Atom)
Mengenai Campursari Laras Muda

Campursari Laras Muda
dondong ,kr.anyar ,ngawi, jawa timur, Indonesia
salah satu group kesenian jawa ,yaitu campursari yang bertujuan untuk menghibur masyarakat

Share this article :

1 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. irfan keygames - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger