Latest Games :

Advertise

Home » » tutorial photo shop 3

tutorial photo shop 3

Jumat, 26 April 2013 | 0 komentar

Membuat Lingkaran Spiral di Photoshop
Publish: 11 Agustus 2012 | Author & Copyright: Johan | Status: tutorial photoshop dasar

Tutorial kali ini membahas dasar - dasar photoshop tentang Line (garis) dan merubahnya menjadi seperti obat nyamuk bakar (spiral). Tutorial Photoshop membat Gambar Spiral ini merupakan salah satu request dari Eroz Yeah via twitter.Ok sedikit penjelasan, jika di illustrator maupun coreldraw ada tool khusus untuk membuat spiral maka apakah di photoshop ada? sebetulnya tool ini tidak ada di photoshop namun bisa kita akali dengan filter yaitu Twirl. Bagaimana Caranya?

1. Buka Photoshop, lalu buat lembar kerja baru (CTRL + N)

2. Buat Layer baru dengan menekan CTRL + Shift + N, muncul pop up - Beri Nama "Layer 1" - OK

3. Dengan menggunakan brush tool (rounded brush)


Gambar garis lurus ke Lembar kerja, apa itu lembar kerja ? Klik disini


4. Setelah itu klik Filter > Distort > Twirl...


Setting seperti ini :


Hasilnya :

Kurang melingkar? tenang bisa di doble efek... klik Filter > Twirl... (lagi) atau tekan CTRL + F

Kita bisa merapikan dan menghapus bagian yang tidak diinginkan dengan Erase Tool...

Ok, Spiral obat nyamuk kita sudah jadi :)

Oh ya, Untuk tambahan informasi saja. Gambar spiral sering kita lihat muncul di dunia ini, Beberapa ahli menyimpulkan spiral-spiral itu melambangkan kepercayaan masing-masing suku.



Cara Instal Pemasangan dan Menggunakan Action
Publish: 11 Desember 2012 | Author & Copyright: Johan | Status: Basic Photoshop

Action dan apa fungsi dari Action Photoshop, Bagi yang baru belajar tentang Photoshop pasti masih mencari apa sih kegunaan dan fungsinya, bagaimana cara menggunakan, dan bisakah membuat atau menambahkan action yang lain pada Photoshop kita. Ok, sebelum menjelaskan lebih jauh mari kita mempelajari apa yang dimaksud Action Photoshop. Action Photoshop suatu program di photoshop yang memiliki fungsi merekam kegiatan pengolahan foto yang kita lakukan (history) untuk kemudian dapat kita pergunakan kembali.
Action Photoshop bisa menghemat waktu anda
Bisa dibayangkan bagaimana membuat efek seperti contohnya Membuat Efek Nashville Instagram , membuat Efek Lord Kelvin Instagram , dll. Untuk menerapkan 1x ke foto saja butuh waktu setidaknya beberapa menit, namun dengan Action Photoshop maka kita tinggal klik Play dan dalam hitungan detik maka foto yang kita inginkan akan sama hasilnya dengan cara pengeditan yang kita lakukan karena Action merekam semua history (kegiatan yang kita lakukan) di Photoshop dan menerapkan ke gambar - gambar yang lain. Hasilnya mempercepat pekerjaan dan menghemat waktu.

Ok, bagi yang belum paham sampai disini, tenang saja memang desain grafis di komputer butuh yang namanya praktikum (cie kayak pelajaran biologi saja)... Mari kita praktikkan penggunaan action photoshop ini, langkah - langkahnya :
Cara Instalasi dan Pemasangan Action Photoshop
1. Pertama - tama kita instal dulu action ke Photoshop kita
Bagaimana caranya instal Action Photoshop? Sebagai contoh download action Old Photo di http://shagagraf.deviantart.com/art/Old-Photo-Action-30161032 , download action yang berextensi *.atn di kotak download sebelah kanan.

2. Copy dan paste action tersebut ke Computer > Local Disk (C) > Program Files > Adobe > Adobe Photoshop > Present > Actions


Setelah itu, kita test (praktikkan) caranya buka Photoshop anda, disini saya memakai Photoshop CS3 tapi tidak perlu kuatir karena bisa diterapkan ke photoshop lainnya. Centang Action pada Window


Hasilnya akan muncul panel Action di Photoshop kita. sekarang kita load actionnya, caranya? ikuti petunjuk di gambar di bawah ini :


kemudian pilih action yang akan di LOAD,

Setelah itu tekan Load di pojok kanan bawah. Ok sekarang Action sudah terload di komputer tinggal kita gunakan.

3. Buka Foto yang akan kita beri efek dari action ini, disini saya menggunakan foto Stasiun Kereta Api!! Naik kereta api tuut tut tuut...


4. klik action yang diinginkan, Tekan tombol PLAY di kotak action


5. Hasilnya... Walaw this is it... (ngikuti gaya Farah Quinn) foto berubah efek menjadi .... Seperti ini

Old Photo by Action

Demikian tutorial cara pemasangan dan penggunaan action pada photoshop semoga dapat menjadi tambahan ilmu dan materi serta referensi bagi yang masih pemula dalam mempelajari Photoshop Dasar khususnya action di photoshop. Terima kasih, Selamat Belajar Photoshop dan Semoga Bermanfaat



Keajaiban dari Fill Content Aware
Publish: 26 April 2011 | Author & Copyright: Johan | Status: tutorial dasar
Adobe selaku pengembang Photoshop telah menambahkan fitur baru yang cukup fenomenal bernama content-aware fill di Photoshop CS 4 dan CS 5. Fitur ini terlihat sangat ajaib dan sangat membantu bagi seorang fotografer maupun seorang desainer Grafis.

Kebanyakan dari kita mungkin banyak yang belum mengetahui fitur fenomenal tersebut jadi disini saya ingin membagikannya kepada anda para pengunjung dan pembaca setia IG bagaimana dan apa itu (fill) content-ware.

Penjelasan simple Fill Content Aware seperti ini: bayangkan jika kita harus menghapus obyek pohon yang ada ditengah Pemandangan Savana (rerumputan dan langit), membuat seleksi yang mengellingi pohon lalu menghapusnya, namun foto kita akan tampak bolong dibagian yang dihapus akan tetapi tergantikan dengan padang rumput (savana) tadi karena Photoshop akan mengisi secara otomatis bagian yang bolong tadi secara sempurna dan serasi dengan lingkungan disekitarnya.
Untuk lebih jelasnya mari kita praktikkan, Sebelum memulai Tutorial Photoshop ada baiknya baca doa dulu biar tidak ada gangguan :-) hehehe
Langkah - Langkah cara Penggunaan Content Aware
1. Buka Object dengan photoshop CS 5 (fitur ini hanya ada di CS4 dan CS 5 namun saya lebih merekomendasikan CS5 karena Adobe telah menyempurnakan fitur ini di CS5)
Disini saya menggunakan Photoshop CS 5

anda bisa memakai gambar di atas untuk latihan kali ini, atau jika anda ingin gambar yang lain bisa mencari2 lewat google

2. Seleksi area di sekeliling pohon, anda bisa menggunakan berbagai macam teknik seleksi
tidak perlu menSeleksi secara detail cukup seleksi di sekeliling pohon


Setelah terseleksi

Jika anda bingung apa itu seleksi bisa membaca tutorial ini Seleksi Objek pada Photoshop

3. Ok sekarang anda sudah memiliki seleksi pada pohon tersebut
Nah ini dia MAGic nya:
Pada menu utama klik Edit >> Fill >> Pilih Content Aware

dan Hasilnya:

Fantastis : object pohon hilang dan digantikan dengan background awan dan rumput dan terkesan alami


Membuat Cap Stamp Logo Watermark
Publish: 16 Februari 2011 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial

Lama tidak berjumpa di tutorial Photoshop Dasar, kali ini kita kembali membahas dasar - dasar photoshop yaitu Opacity dan Fill. Keduanya digunakan untuk membuat efek transparansi gambar sehingga bisa dimanfaatkan menjadi Watermark pada gambar yang kita punya agar gambar yang kita pasang di Website termasuk TOKO ONLINE maupun BLOG kita tidak dibajak orang lain.

Sekarang bagaimana kita membuat Stamp Logo atau disebut juga WATERMARK? sebelum memulai, Watermark adalah tulisan / logo / stempel yang sifatnya transparan untuk melindungi dan mencegah penggunaan kembali gambar tersebut secara tidak sah, atau penggunaan tanpa pesetujuan dari pemilik gambar / foto tersebut. Watermark biasanya berbentuk transparan agar sulit untuk dihilangkan.
ikuti langkah-langkah membuatnya hanya di IG:

1. Buka Gambar / Foto yang akan diberi Watermark dengan Photoshop
Misal disini saya menggunakan Gambar Apple sebagai Sample

Gambar Apple sebelum di watermark

2. Ketik dengan Teks Tool, kata - kata atau cap atau note yang akan dijadikan Watermark, misal disini menuliskan ILMUGRAFIS[dot]com

gambar Apple + Tulisan Watermark

3. Setelah itu tinggal atur Opacity dan Fill sesuai kebutuhan, pengaturan di bawah ini hanya sebagai contoh saja, anda bisa mengatur sesuai keiginan anda (improvisasi aja)

watermark sudah jadi

Mudah bukan, anda bisa mengkombinasikan dengan teknik Transform dan menduplikat layer (CTRL + J) sebanyak yang diinginkan sehingga menjadi seperti ini

sedikit tambahkan efek Glossy dan tampilannya jadi extreme seperti ini

Apple dengan watermark ilmugrafis,
download file hasilnya


Setting Shortcut Photoshop
Publish: 27 Juni 2010 | Author & Copyright: Endritaze | Status: FREE tutorial

Kali ini ada tips menarik buat photoshop-er yang tongkrongin komputer tiap hari. Sedia payung sebelum hujan, kalo dunia desain juga ada pepatahnya yaitu sedia kopi sebelum ngantuk di depan komputer =P ditambah sedikit alunan lagu mengiring kerjaan di depan komputer..hehe

Kalo edit foto, usilin temen, iseng2 doank, di depan komputernya pasti lagi nyantai. Untuk yang penghasilannya mank utak atik depan komputer, mesti perlu banyak waktu buat kelarin semua kerjaan kadang sampai mata kering, bibir pecah2, dan susah BAB. =P

Biar kerjaan ontime, ga numpuk mesti diselesaikan segera. Photoshop-er yang biasa pakai Tikus (mouse), klik sana sini pasti makan waktu yang banyak.
Tips agar photoshop-er pada kerjanya cepat:

1. Ganti mouse dengan Tablet (papan pen digital)
2. RAM-nya di upgrade!! =P
3. Hapalin shortcuts Photoshop

Biasanya point ketiga yang jadi masalah berat, karena banyak banget kode-kodenya buat hapalin.
Anda bisa dapatin shortcut2nya di menu Edit - Keyboard Shortcuts atau tekan Alt+ Shift+ Ctrl+ K

Kalo udah dipilih akan muncul berbagai shortcut untuk perintah-perintah yang ada pada menu-menu utama


Belum puas? Masi ada kendala untuk menghapalnya? Terlalu rumit kombinasi kodenya?
Bukan masalah!!
kamu bisa ubah sesuka hati, bebaskan dirimu (sensasi P*ong)=P
caranya Cuma dengan double klik di menu pilihan dan klik pada submenunya. Untuk mengubahnya tekan Delete Shortcut (untuk menghapus SC), mengganti SC-nya langsung tekan kombinasi shortcutnya.



Sesudah menemukan kombinasi shortcut yang pas dan special (bagi kamu), tekan Accept untuk validasi SCnya, dan tekan OK. Barulah Shortcut baru bisa digunakan. Seperti di atas sy contohkan Sekarang membuka file baru bukan Ctrl+ N lagi, tetapi Shift+ Ctrl+.(titik) , anda bisa mengubahnya sesuai keinginan.

Merasa lebih pantas sebelumnya?

Tekan Use Defaultnya aja. Hehe,. (untuk mengembalikan ke keadaan seperti semula)

Untuk submenu yang belum memiliki SC, anda bisa men-Create sendiri SCnya. Caranya Add Shortcut pada submenu yang dipilih. Ingat SC tidak boleh sama pada Submenu atau perintah yang berbeda.

So,. Shortcut untuk mempercepat menyampaian perintah dengan tombol keyboard, bukan memperlambat pastinya.
Anda bisa menghafal Shortcut Photoshop secara Default jika mau dengan melihatnya di Shorcut Photosop
Do your best!!!



Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. irfan keygames - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger